Rekomendasi processor terbaik untuk laptop dan komputer

Processor sebagai salah satunya elemen yang memiliki peran yang paling penting dalam fungsionalitas sebuah computer. Sisi ini berada pas di tengah-tengah motherboard atau papan pokok dan diproteksi perlindungan karena sangat keutamaan.

Apakah itu processor?

Processor ialah unit dalam computer yang dapat disebut sebagai otak dari computer. Ini karena perannya sebagai pusat dari keseluruhnya operasi dari piranti computer itu. Semua proses olah perintah diawali dari sisi ini.

Maka dari itu, pilih processor bagus dan mempunyai performa sangar diperlukan untuk memberikan dukungan kegiatan komputasi pemakainya. Dimulai dari simpel, sampai yang berat seperti main games dan olah grafis. Daftar berikut ini sebagai beberapa referensi processor yang dapat diputuskan.

Rekomendasi processor terbaik untuk laptop dan komputer

Intel Core i3-10100F

Performnya jauh lebih bagus bila dibanding dengan seri awalnya, yaitu i3-9100F. Ini berarti memiliki performa yang cukup buat beberapa tugas kantor harian dan gaming dengan kualitas menengah. Lumayan kuat menyokong visual resolusi 1080p low, atau 720p high.

Processor ini tawarkan empat core, dengan bentang clock speed di antara 3,6 – 4,3 GHz plus tambahan SMT (8 threads) alias HyperThreading. Feature ini memungkinkannya tiap pokok CPU untuk mengolah dua perintah secara bertepatan.

CPU masih dibuat dalam fabrikasi 14nm++ dan tidak mempunyai kartu grafis terpadu. i3-10100F tawarkan kecepatan Boost 100 MHz semakin tinggi dan support untuk memory RAM DDR4 yang bisa lebih cepat (2666 MHz). Semua feature itu sebagai tehnologi Comet Lake. productnation

AMD Athlon 3000G

Keuangan kembali kurang konstan tetapi perlu processor untuk mendukung tugasmu? Tidak perlu cemas, kamu dapat beli processor AMD Athlon 3000G yang dibandrol pada harga di bawah satu juta rupiah.

Jadi benar-benar pas buat kamu yang ingin hemat atau memang mempunyai bujet yang ngepas. Meskipun dibandrol pada harga yang murah, tetapi perform yang dipunyai oleh processor ini tidak dapat dianggap remeh.

Performnya termasuk kuat dan sangar, apa lagi ada feature overclock yang bisa membuat performnya semakin tinggi kembali.

Proses itu bisa dilaksanakan secara mudah. Baik lewat BIOS atau memakai perangkat lunak atribut dari AMD. Tetapi, supaya overclock dapat jalan dibutuhkan motherboard yang cocok. Umumnya yang berbasiskan B350.

Tidaklah aneh, processor ini bisa memberikan dukungan PC agar bisa menyantap beberapa game PC enteng secara lancar dan tanpa kendala.

Kamu juga dapat memakainya untuk buka dan lakukan koreksi pada program video dan foto yang enteng.

Disamping itu, processor ini telah diberi dengan kartu grafis Radeon™ Vega 3 Graphics yang terpadu, hingga tidak perlu kartu.

Intel Pentium Gold G7400

Processor Intel Pentium Gold memang diperuntukkan untuk memberi perform yang bagus untuk kegiatan harian dalam bebatan harga relatif dapat dijangkau.

Intel ikut memberi mereka kekuatan untuk lakukan olah gambar seperti penyuntingan video dan foto.

Satu kembali processor dari Intel yang ditujukan untuk kamu yang membidik processor untuk semua kepentingan simpel ialah Intel Pentium Gold G7400.

Processor dual core terkini dari Intel Angkatan keduabelas ini juga dibandrol pada harga yang termasuk murah, hingga benar-benar pas bila kamu ingin membuat gaming rig dengan bujet yang betul-betul terbatas.

Ini kali, seturut dengan angkatan 12 alias Alder Lake, Intel melaunching processor Pentium Gold baru bernama seri G7400.

Chipset ini mempunyai clock speed 3.7GHz dengan 2 cores dan 4 threads. Cache-nya 6MB dan mempunyai konsumsi listrik cukup rendah yaitu 46 watt.

Secara keseluruhan masalah perform, Pentium Gold G7400 mempunyai kekuatan olah data 30% bisa lebih cepat dari seri awalnya. Soket yang dipakai ialah LGA 1700. Hingga membutuhkan papan pokok atau motherboard seri terkini juga.

AMD Ryzen 5 3400G

AMD memang sekarang terus stabil dalam menyajikan variasi processor unggulannya yang direncanakan dengan GPU yang terpadu, atau yang banyak dikatakan sebagai processor tipe APU.

Nach, salah satunya processor APU dari AMD yang disebut kenaikan dari seri yang awalnya, Ryzen 2400G, ialah AMD Ryzen 5 3400G dengan masih tetap memakai VGA Radeon Vega 11.

Kenaikan itu bisa disaksikan satu diantaranya dari bidang kecepatan clock dasar-nya yang semakin tinggi yaitu sejumlah 3.7 GHz dan dapat dipertingkat ke angka 4.2 GHz. Detail ini membuat kamu dapat bermain beberapa game terkini kelas tinggi dengan settingan rata tengah.

Kenaikan clock speed bisa juga dilaksanakan secara mudah, tetapi pantas dicatat mekanisme pendinginan kemungkinan perlu dipertingkat untuk jaga temperatur masih tetap aman dan chip dapat bekerja baik.

Selainnya mempunyai kipas dan kartu grafis yang terpadu, processor ini telah diberi dengan TDP 65W dan frekwensi sejumlah 1400 MHz dengan graphic core 11 pokok.

Tidak ketinggal , AMD Ryzen 5 3400G telah datang dengan membawa mekanisme pendingin bawaan sejenis AMD Wraith Spire untuk semakin memuluskan performnya saat berusaha keras.

Intel Core i5 12400F

Intel seolah ingin tunjukkan kemampuan dengan semua peluncuran angkatan 12 alias Alder Lake mereka. Ini kali pada fragmen menengah, mereka melaunching seri Core i5 yang dengan performa memberikan kepuasan. Tidaklah aneh bila mulai ada panggilan King of Bujet CPU yang dipasangkan.

Intel Core i5 12400F memiliki 6 core dan 12 thread. Clock speednya diawali dari 2.5GHz dan dapat overclock sampai 4.4GHz.

Sebagai catatan, sisipan F di nama processor ini memiliki arti tidak ada grafis terpadu . Maka ditegaskan kamu membutuhkan kartu grafis tambahan.

Untuk konsumsi energinya, makan 65 watt saat standard dan saat overclock capai 117 watt.

Dalam penjualannya, diikutkan cooling fan mode terkini yang Intel sebutkan Laminar RM1. Efektifitas pendinginannya tinggi.

AMD Ryzen 7 3700X Mattise AM4

Makin mengembangnya tehnologi digital, keperluan untuk ubah video dan foto jadi semakin tinggi.

Umumnya, keperluan akan foto and video koreksi itu ditujukan untuk beragam jenis keperluan, dimulai dari selingan, tugas, aktivitas komersial, dan lain-lain.

Nach, ingat program ubah video dan foto itu termasuk berat, karena itu kamu perlu pilih processor dengan detail yang baik atau oke untuk menghindar ada lag.

Processor dengan 8 pokok dan 16 utas ini mempunyai kecepatan clock dasar dimulai dari 3.6 GHz yang bisa dipertingkat sampai ke angka 4.4 GHz.

Disamping itu, processor pas dipadankan dengan kartu grafis AMD Radeon RX 5700 yang sanggup membuat kecepatan frame pada range 60 fps.

Duet maut di antara processor dan kartu grafisnya ini sanggup membuat perform yang aduhai.

Belum juga, AMD mendukungnya dengan cooler stok wraith prism RGB. Tidaklah aneh, beberapa pemakai computer, khususnya beberapa gamers, tertarik dengan kehebatannya.

Selainnya untuk proses olah grafis, processor ini optimal saat digunakan bermain games, terhitung yang kelas berat dengan settingan ultra.

Intel Core i7-11700

Intel Core i7-11700 Angkatan kesebelas mempunyai clock speed yang bisa lebih cepat dan jumlah core semakin banyak.

Ini membuat ke-2 nya bisa bekerja bersama dengan mulus untuk mengoptimalkan kualitas permainan dan pembikin content. Pemakai bisa bermain, merekam, dan streaming dengan FPS tinggi dan bisa secara mudah multitasking.

Processor ini cocok dengan mayoritas motherboard yang mempunyai soket LGA 1200, Pemakai dapat manfaatkan kecepatan memory yang baik sekali dan sejumlah fitur luar biasa seperti Intel Turbo Boost Max Technology 3.0 dan Intel Thermal Velocity Technology sebagai bentuk tehnologi Rocket Lake.

Core i7-11700 mempunyai base clock 2,9 GHz, clock boost alias overclock sampai 4,9 GHz, dan TDP 65 watt.

CPU mempunyai 115 W Power Limit 2 (PL2) dengan Turbo Time Patokan (Tahu) 28 detik. Tak lupa cocok untuk RAM sampai 3200 MHz.