Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang detail teknologi, Simak Selengkapnya!

Teknologi adalah  solusi, pengembangan, dan pengetahuan yang membuat hidup lebih mudah di masyarakat. Dan selama setengah abad terakhir, kemajuan teknologi begitu fenomenal sehingga  mengubah cara kita hidup, berkomunikasi, dan bahkan berinteraksi.

Dalam pengertian ini, teknologi telah membawa manfaat besar bagi perkembangan masyarakat, tetapi juga membawa kerugian jika diekspresikan secara individu dan kolektif. Ini adalah beberapa di antaranya.

Manfaat Teknologi

Teknologi memudahkan kehidupan sehari-hari, tetapi juga memberikan dampak yang signifikan pada berbagai bidang manfaat bagi masyarakat, antara lain:

1. Akses informasi lebih cepat Akses  informasi melalui teknologi seperti

Web menjadi semakin cepat. Ini akan memberi lebih banyak orang  akses ke lebih banyak data dan memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik, mulai dari kondisi cuaca hingga prakiraan keuangan untuk perusahaan besar.

2. Akses ke berbagai sumber pengetahuan 

Melalui penggunaan Internet dan  perangkat, teknologi memberi pengguna  akses ke semua jenis pengetahuan dan  semua tingkat pembelajaran. Ini, ditambah dengan kecepatan menemukan informasi, adalah alat yang berharga, terutama dalam proses pelatihan.

3. Merangsang kreativitas

Saat ini, ada banyak sumber daya teknis yang memungkinkan Anda berkreasi dalam berbagai disiplin ilmu (seni, akademisi, musik, sastra, pembuatan film, komputer, dll.), dari perangkat lunak gratis untuk pengeditan gambar, audio dan video hingga tutorial pemodelan 3D. . .

Seiring  waktu, jenis sumber daya ini (sebelumnya sangat mahal) akan menjadi lebih mudah diakses, menginspirasi kreativitas dan membantu mendorong ruang dan format baru untuk kreativitas.

4. Merangsang inovasi

Seiring kemajuan teknologi, tantangan baru akan muncul bagi masyarakat. Dan inovasi memungkinkan terciptanya solusi yang memuaskan dan seringkali berskala besar. Contohnya adalah layanan pembelajaran jarak jauh dan robotika dalam perawatan kesehatan.

5. Mendukung kewirausahaan

Kewirausahaan telah menjadi jauh lebih mudah diakses karena pembelajaran menjadi lebih mudah dan  banyak sumber daya gratis atau berbiaya rendah tersedia. Saat ini,  Anda dapat mengandalkan tim interdisipliner untuk mengembangkan ide dari jarak jauh, menjualnya secara online, atau mencari pendanaan di mana pun di dunia.

6. Mempromosikan komunikasi

Tampaknya jelas hari ini, tetapi  10 tahun yang lalu sebagian besar layanan pesan instan tidak ada dan komunikasi video tidak terlalu efisien. Akses internet dan kemajuan teknologi memiliki dampak global karena jarak yang diperpendek dan tercermin tidak hanya di ranah pribadi, tetapi juga di tempat kerja, yang berdampak langsung pada ekonomi.

7. Memungkinkan kualitas pengendaraan yang lebih lama dan lebih cepat

Teknologi jauh melampaui Internet dan terlibat dalam pengembangan semua solusi yang membuat hidup lebih mudah di masyarakat. Dalam hal ini, kemajuan sistem transportasi sangat jelas sehingga lebih banyak orang dapat dibawa ke tujuan baru dalam waktu yang lebih singkat setiap kali alternatif baru diusulkan.

Shinkansen Jepang adalah contoh nyata saat perjalanan ruang angkasa  (perjalanan ke bulan untuk hiburan ) mendekat.

8. Mempermudah pekerjaan rumah

Apa yang disebut Internet of Things memungkinkan peralatan rumah untuk terhubung ke jaringan yang sama. Ini memungkinkan Anda mengontrol pemanas, pintu otomatis, sistem keamanan, dan bahkan mobil dari jarak jauh dari satu perangkat  (misalnya telepon ).

Kurangnya teknologi

Sementara efek positif dari teknologi pada pembangunan kolektif tidak dapat dikesampingkan, ia juga memiliki kerugian yang mempengaruhi individu dan bahkan planet ini. Beberapa di antaranya ada di sini:

1. Hal ini dapat berdampak negatif pada produktivitas.

Penggunaan teknologi yang tidak tepat melalui perangkat seluler mendorong gangguan dan penundaan dan dapat menyebabkan masalah dalam pekerjaan, siswa, dan lingkungan pribadi.

Jejaring sosial dan game online sering kali menjadi dua gangguan utama di  kelas dan lingkungan kerja, sehingga membatasi penggunaan atau aksesnya ke perangkat atau situs web tertentu.

2. Buat dilema etika yang kompleks

Misalnya, perkembangan kecerdasan buatan  (AI ) memunculkan dilema yang dulu tampak seperti novel fiksi ilmiah. Bagaimana kita perlu menghadapi interaksi masa depan antara manusia dan AI? Siapa yang  mengendalikan  teknologi semacam ini? Apa  batas kemajuan ini?

Selain itu, teknik yang digunakan untuk mengembangkan senjata pemusnah massal dan narkotika memunculkan isu serupa, antara lain: B. Penggunaan, kontrol, dan pembatasannya. Dan meskipun hal ini tidak merugikan diri sendiri, tanpa pedoman yang jelas saat ini, hal ini dapat menimbulkan masalah yang dapat berdampak negatif pada masyarakat di masa depan.

3. Dalam waktu dekat, hal ini dapat menyebabkan pengangguran

Apalagi dengan adanya mekanisasi proses di industri manufaktur, kebutuhan akan tenaga kerja manusia semakin berkurang. Hal ini menempatkan orang (orang tua atau orang yang tidak berpendidikan) dalam situasi sulit yang tidak memiliki akses ke pelatihan teknis yang sesuai untuk mengatasi perubahan dalam dinamika kerja.

4. Merangsang isolasi dan kesepian

Penggunaan teknologi oleh perangkat rumah memfasilitasi isolasi. Anda tidak lagi harus keluar rumah untuk bekerja, berbelanja, atau bersosialisasi. Dan  ini adalah kemajuan teknologi, tetapi dalam arti sosial mengarah pada pembentukan individu yang semakin terhubung dengan dunia tetapi terpisah satu sama lain.

5. Membedakan apa yang nyata dan apa yang tidak menjadi semakin rumit.

Kemajuan dalam teknik penyuntingan foto, audio, dan video  membuat orang awam semakin sulit  membedakan antara fakta nyata dan fiktif. Contoh yang sangat jelas adalah tentang berita palsu atau fake news, tetapi ada juga fenomena deepfake saat ini, sebuah video yang diproses oleh kecerdasan buatan, yang semakin sulit untuk dilawan.

Teknik  yang  digunakan dalam industri film ini memungkinkan untuk membuat wajah dan menempatkannya di wajah aktor lain, sehingga menghasilkan efek yang sangat realistis. Namun sayangnya, hari ini digunakan untuk menyebarkan berita palsu dan menyalahkan orang  yang tidak patuh. Kualitas videonya sangat tinggi sehingga sangat sulit untuk mengatakan bahwa itu tidak nyata.

6. Menghasilkan limbah teknis

Di masa lalu, perkembangan teknologi dirancang untuk bertahan. Saat ini, keusangan terprogram menyebabkan beberapa perangkat berhenti bekerja atau menjadi tidak dapat digunakan dalam waktu yang relatif singkat, mendorong pembelian perangkat baru.

Keusangan yang direncanakan menghasilkan banyak limbah teknis di luar pertimbangan konsumsi. Dalam kebanyakan kasus, sulit untuk dibuang, membutuhkan waktu lama untuk dibongkar, sangat tercemar, memiliki dampak serius terhadap lingkungan dan oleh karena itu berdampak serius pada kualitas hidup orang-orang di industri. Dalam jangka panjang. Keputusan.

Sebaiknya periksa perangkat input dan output Anda.

7. Masalah privasi dan keamanan 

Saat ini, penggunaan teknologi melibatkan pertukaran data pribadi dengan imbalan penggunaan layanan tertentu. Hal ini menimbulkan berbagai dampak negatif, antara lain: B. Penipuan digital, pelecehan online, pemerasan, pencurian identitas, dan masalah lain yang mengancam privasi

maka dari itu semua barang yang dibuat oleh tangan manusia pastinya mempunai kelemahan dan kelebihannya masing-masing, contohnya dalam hal teknologi ini.

Walaupun kita hidup di zaman yang penuh dengan teknologi yang makin maju, tetapi kita jangan beketergantungan terhadap sebauh teknologi yang banyak manfaatnya, karena justru itu akan menjadi kelemahan kita.

seperti kita menjadi malas-malasan menjalani aktifitas sehari-hari dan masih banyka lagi